Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Cara Membuat Database MySQL dengan XAMPP

Selamat (Pagi, Siang, Sore, Malam, Tengah Malam, Shubuh, atau waktu kapanpun lah. Heheheee). Kali ini kita akan mempelajari cara membuat dat...

Selamat (Pagi, Siang, Sore, Malam, Tengah Malam, Shubuh, atau waktu kapanpun lah. Heheheee). Kali ini kita akan mempelajari cara membuat database pada XAMPP.
Karena saya menggunakan OS Windows, maka kita harus menginstall XAMPP untuk Windows, kita tidak/belum membahas untuk OS lain. OK
Silahkan anda DOWNLOAD XAMPP di SINI. Sesuaikan saja dengan kebutuhan anda, mau menggunakan yang installer atau yang portable. CMIIW
=====
Berikutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.Jalankan XAMPP


2.Buka browser yang kita miliki (terserah, mau Mozilla Firefox, Chrome, Opera, atau yang lainnya) kemudian masukkan alamat / URL “http://localhost/phpmyadmin/”. Pada kolom “create new database” isi dengan book atau kata lain kemudian klik“create”.

3.Kemudian isi“Name”dengan guest atau kata lain kemudian pada“number of fields”isi dengan jumlah kolom yang kita butuhkan.

4.Ada 3 kolom yang perlu di ubah yaitu“ field (untuk nama data) , type (type dari data yang kita ingin) , length/values (banyak/panjang data) ”kemudian pilih“save”untuk menyimpan dan“go”untuk menambah.

.
5.Tampilan setelah berhasil akan seperti dibawah, pada “id” klik dua kali pada primary key.


6.Akan muncul pesan seperti dibawah dan klik ok


7.Setelah itu akan tampil seperti dibawah, klik dua kali pada tanda persegi hitam.



8.Ceklis pada kolom “AUTO_INCREMENT” kemudian Save.



9. Tampilan setelah di Save.



10.Kembali ke URL “http://localhost/phpmyadmin/” pilih Privileges buat user baru dengan meng klik “add a new user”.



11.Isi seperti dibawah.


12 .Kembali lagi ke database kita kemudian masukkan data pengunjug pertama dengan cara klik“insert”seperti pada gambar kemudian klik“go”untuk menyimpan.

13.Kembali ke menu browse maka data yang kita buat akan tampil seperti dibawah.

[Data Base Selesai Dibuat]
=====
VIDEO TUTORIAL
DONE

Bila ingin meng-IMPORT file dengan extensi .sql, anda tinggal meng-klik IMPORT pada Database (Bila anda ingin membuat database) atau klik / pilih Database yang telah dibuat untuk meng-IMPORT / Create table yang strukturnya telah dibuat pada file ber-extensi .sql tersebut.
=====

Sumber

Tidak ada komentar