Class Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object ...
Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant
dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
Object
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.
Membuat object
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.
Membuat object
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses
class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai
reference ke instance dari class Date().
Contoh Program:
//class
class Mobil {
String warna;
int tahun;
String merek;
}
class object {
public static void main(String[]args) {
String warna;
int tahun;
String merek;
}
class object {
public static void main(String[]args) {
//object
Mobil G8 = new Mobil();
Mobil Jazz = new Mobil();
Mobil G8 = new Mobil();
Mobil Jazz = new Mobil();
//pemberian nilai
G8.warna = "Yellow";
G8.tahun = 2012;
G8.merek = "Audi";
Jazz.warna = "red";
Jazz.tahun = 2007;
Jazz.merek = "Honda";
//menampilkan
System.out.println("G8");
System.out.println("warna :" +G8.warna);
System.out.println("tahun :" +G8.tahun);
System.out.println("merek :" +G8.merek);
System.out.println("");
System.out.println("Jazz");
System.out.println("warna :" +Jazz.warna);
System.out.println("tahun :" +Jazz.tahun);
System.out.println("merek :" +Jazz.merek);
}
}
G8.warna = "Yellow";
G8.tahun = 2012;
G8.merek = "Audi";
Jazz.warna = "red";
Jazz.tahun = 2007;
Jazz.merek = "Honda";
//menampilkan
System.out.println("G8");
System.out.println("warna :" +G8.warna);
System.out.println("tahun :" +G8.tahun);
System.out.println("merek :" +G8.merek);
System.out.println("");
System.out.println("Jazz");
System.out.println("warna :" +Jazz.warna);
System.out.println("tahun :" +Jazz.tahun);
System.out.println("merek :" +Jazz.merek);
}
}
contoh lainnya:
//class
class Orang {
//state
String nama; //nama orang
int tinggibadan; //dalam cm
int beratbadan; //dalam kg
String warnarambut; //hitam, pirang, coklat
String warnakulit; // sawomatang, hitam, putih
String jeniskelamin; //pria atau wanita
boolean berkacamata; //bila berkacamata berarti true
//method
void menangis() {
System.out.println("hik...hikk...hik..");
}
void tertawa() {
System.out.println("ha..ha...ha...ha...");
}
}
class objectorang {
public static void main(String[]args) {
//mebuat object
Orang orang1 = new Orang();
//pemberian nilai
orang1.nama = "Aby";
orang1.tinggibadan = 170;
orang1.beratbadan = 55;
orang1.warnarambut = "hitam";
orang1.warnakulit = "putih";
orang1.jeniskelamin = "pria";
orang1.berkacamata = false;
//menampilkan
System.out.println("nama :" +orang1.nama);
System.out.println("tinggi :" +orang1.tinggibadan);
System.out.println("berat :" +orang1.beratbadan);
System.out.println("warna rambut :" +orang1.warnarambut);
System.out.println("warna kulit :" +orang1.warnakulit);
System.out.println("jenis kelamin :" +orang1.jeniskelamin);
System.out.println("berkacamata :" +orang1.berkacamata);
//pemanggilan method
orang1.tertawa();
}
}
Sumber
class Orang {
//state
String nama; //nama orang
int tinggibadan; //dalam cm
int beratbadan; //dalam kg
String warnarambut; //hitam, pirang, coklat
String warnakulit; // sawomatang, hitam, putih
String jeniskelamin; //pria atau wanita
boolean berkacamata; //bila berkacamata berarti true
//method
void menangis() {
System.out.println("hik...hikk...hik..");
}
void tertawa() {
System.out.println("ha..ha...ha...ha...");
}
}
class objectorang {
public static void main(String[]args) {
//mebuat object
Orang orang1 = new Orang();
//pemberian nilai
orang1.nama = "Aby";
orang1.tinggibadan = 170;
orang1.beratbadan = 55;
orang1.warnarambut = "hitam";
orang1.warnakulit = "putih";
orang1.jeniskelamin = "pria";
orang1.berkacamata = false;
//menampilkan
System.out.println("nama :" +orang1.nama);
System.out.println("tinggi :" +orang1.tinggibadan);
System.out.println("berat :" +orang1.beratbadan);
System.out.println("warna rambut :" +orang1.warnarambut);
System.out.println("warna kulit :" +orang1.warnakulit);
System.out.println("jenis kelamin :" +orang1.jeniskelamin);
System.out.println("berkacamata :" +orang1.berkacamata);
//pemanggilan method
orang1.tertawa();
}
}
Sumber
Tidak ada komentar